Sangat benar sekali stasiun televisi dan artis/entertainer saling membutuhkan, stasiun televisi butuh pengisi acara dan artis/entertainer butuh eksposure di publik salah satu cara yang paling efektif adalah dengan sering muncul di acara musik di televisi. Kedua pihak ini saling bersinergi untuk kebaikan masing-masing dari awal. Suatu hubungan yang saling menguntungkan seharusnya teteap berjalan dan semakin baik kedepannya. Ya, itu teorinya, akan tetapi dalam pelakasanaanya tidaklah selalu indah seperti itu.
Bagi stasiun televisi;
- Stasiun TV butuh artis/musisi untuk mengisi acara-acara musik di stasiun TV nya dan tidak mau kalah dari stasiun-stasiun TV lainnya contoh ; Dahsyat, iMusik, Inbox, Mantap dan belasan acaranya lainnya yang setipe.
- Untuk mengundang artis/musisi, stasiun TV memliki budget , sebab artis/musisi secara professional tidak mungkin tidak diberikan kompensasi kecuali acara charity. Budget itu akan terus menggelembung jika jumlah pengisi acara semakin banyak
- Semakin banyak pengisi acara itu yang dikehendaki oleh audiense/pemirsa, sedangkan budget terbata ini
- Mulailah dibuat penghematan budget dengan dikurangi nilai kompensasi untuk si artis/musisi, sebab TV menyadari artis perlu eksposure, kartu ini yang dimainkan. Kemudian penghematan di biaya produksi seperti perlengkapan alat musik, contoh paling gampang adalah musik Playback, dimana artis terutama group yang memerlukan banyak microphone dan peralatan di-cut dan 'dipaksa' untuk playback. Dengan playback biaya produksi bisa ditekan serendah mungkin, dan stasiun TV tidak mau dibuat ribet harus menyiapakan perlengakapn untuk satu grup yang hanya menyanyi satu atau dua lagu saja.
- Budget untuk penggembira acara juga ditekan/dikurangi, supaya mereka bisa menggalang lebih banyak lagi massa yang menonton acara on-air secara live.
- Untuk acara-acara musik tertentu karen tingginya biaya produksi dibuatlah kuis-kuis SMS yang kelihatannya menggiurkan akan tetapi justru bisa membantu sebagian besar biaya produksi acara itu. Baca itu di sini.
- Acara musik ini harus jalan terus sebab ini adalah satu satu icon keberhasilannya, semakin banyak artis yang berpartisipasi, semakin baik predikat acara itu.
- By the end of the day, acara itu harus untung secara keseluruhan. Pendapatan iklan & on-screen promotionn + SMS harus bisa melebihi biaya produksi yang meliputi fee artis/musisi, fee extras, stage & equipment dan sebagainya. Jika acara itu merugi maka dari stasiun TV akan menghentikan acara itu dengan sendirinya. Jika kita lihat acara-acara musik yang masih bisa bertahan dapat kalian nilai sendiri.
To be continued...
No comments:
Post a Comment