Wednesday, July 25, 2012

Award?

Penghargaan dan award, apakah itu penting? Well, bagi sebagian besar orang penghargaan dan award sangat penting. Sebab itulah predikat mereka istilahnya diakui oleh orang lain akan pencapaian-pencapaiannya. Di sisi lain ada yang menganggap penghargaan dan award itu bukanlah segalanya.


Dalam hal ini contoh yang paling konkrit adalah 7ICONS; bagi sebagian besar orang mungkin menilai bahwa group ini tidak pernah memenangkan satu penghargaan/award satupun. Tapi HARUS dicatat dan diingat, memang benar mereka belum pernah menang penghargaan/award YANG menggunakan sistem VOTING. Sistem voting disini menggunakan sistem terbuka dimana voting konsumer yang paling banyak yang masuk yang menang. Itu benar 100% BELUM pernah menang dengan sistem penghargaan yang menggunakan sistem suara SMS terbanyak.

Akan tetapi mereka mendapatkan beberapa penghargaan/award dari professional-professional dan lembaga-lembaga kredibel yang tidak perlu digembar-gemborkan. Contoh penghargaan itu antara lain adalah Johnny Andrean Award dan Duta Lingkungan UNESCO. Memang tidak sepenuhnya berhubungan dengan dunia entertainment Indonesia, akan tetapi pengakuan dari kalangan profesional dan instansi mungkin bisa menjadi lebih berarti bagi 7ICONS.

Selain dari dua award itu masih ada beberapa award lain yang diberikan ke mereka tanpa melalui proses voting massal, penghargaan-penghargaan tersebut diberikan karena peranan dan kontribusi mereka di bidang yang dinilai.

Memang mungkin akan ada pertanyaan kalau belum pernah menang award music dan sejenisnya berarti belum menjadi yang terbaik; well, jika itu merupakan argumen yang dipakai maka musisi terbaik harus menang setiap saat; jika satu kali saja tidak mendapatkan penghargaan itu berarti bukan menjadi yang terbaik. Lemah bukan argumentasi seperti itu?

Di atas langit ada langit; sky is limitless, yang paling penting adalah konsistensi dalam kontribusi dalam berkarya.

Award is nice and good to have, but it is not a pre-requisite to be good.

4 comments:

  1. Yupz award itu bukan ukuran kualitas pemilik'y :)
    T'lebih jika cara m'dapatkan award tsb melalui sms voting yg mungkin ada p'mainan2 yg qta ga paham di dlm'y,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu intrik di dunia entertainment, bukan hanya di Indonesia saja

      Delete
  2. Award....

    Sebagian besar orang menganggap itu merupakan suatu bukti kesuksesan. Mngkn kesuksesan dalam mempengaruhi seseorang utk "sms/voting". Tp qta jg ga prnh tau gmn hasil itu tercapai dan brp persentasenya.

    Cm waktu yg bs buktiin itu semua. Mana yg bisa bertahan mana yg ga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Award yang murni adalah award yang diberikan karena memang layak mendapatkannya bukan diberikan karena "populer"

      Delete