Monday, July 16, 2012

7 ICONS

Setelah boom SMASH, 7 gadis yang tergabung dalam 7ICONS dengan tiba-tiba masuk ke blantika musik Indonesia. Dengan acara perdana di Trans, penampilan mereka menuai pro dan kontra, pada awalnya banyak komentar negatif yang terhadap mereka. Ada yang bilang plagiat SNSD, plagiat K-Pop, ga bisa nyanyi, narinya berantakan dan sebagainya. Tapi perlu diberi acungan jempol, di situasi K-Pop yang sedang booing di Indonesia mereka berani menerobos dan tampil, walau banyak kekurangan disana-sini.
Dengan single Playboy yang 'catchy' walau lyricnya cukup 'cheesy' cukup memberikan kesan yang mendalam ke publik entertainment, dengan suksesnya single itu, dalam satu bulan bermunculan lah group-group all-girls lainnya seperti Cherrybelle, Supergirlies, Princess, Maskara dan lain-lainnya. Cukup aman jika dibilang 7ICONS pelopor di genre ini, tapi mereka bukanlah yang pertama(itu harus diingat).  

Setelah dengan single Playboy, mereka yang secara ekslusif dikontrak oleh group Trans 'menggebrak' televisi dengan drama serial Go Go Girls yang sempat bertahan sampai dua season walau tidak selesai tayangnya.  Di drama serial ini, kemampuan akting mereka diuji dan diasah, yang semakin hari semakin matang dan akhirnya sampai main di beberapa FTV di Trans, RCTI, SCTV dan ANTV.

Karir mereka tidaklah selalu mulus, naik dan turun itu wajar, mulai dari masalah internal maupun eksternal, cercaan demi cercaan merek terima setiap hari. Tapi justru itu yang membuat mereka semakin solid sampai dengan hari ini. Seperti yang pernah kutulis di beberapa post yang lalu, group yang konsisten yang akan bertahan di dunia entertainment yang keras dan gampang melupakan ini. 7ICONS tidaklah sempurna, kemampuan vokal bertujuh belum solid, masih jauh dari solid, koreografi dance tetap harus diasah, akting juga mungkin harus sekolah lagi, tapi itu proses dari pengembangan diri, jika belum apa-apa sudah jago semua justru akan membawa pembawaan mereka beda dari saat ini yang cukup boleh dibilang down to earth. Kekurangan demi kekurangan ditemukan setiap hari dalam perjalanan karir 7ICONS.

Saat ini mungkin 7ICONS dibandingkan langsung dengan Cherrybelle, dari awal sampai sekarang. Di publik entertainment Indonesia mungkin lebih menerima dengan image cute-cute ala Korea/Japan yang sesuai dengan segmentasi market yaitu anak-anak kecil, makanya secara umum, Cherrybelle atau Chibi seakan lebih populer dengan penampilan mereka yang Chibi (Cute/Mini dalam bahasa Jepang), di sisi lain 7ICONS yang selalu tampil dengan konsep yang berbeda-beda sering susah diterima/dicerna oleh publik market anak-anak (Kadang tampil Gothic, kadang tampil cute sailor, kadang tampil lain-lain yang sering dinilai oleh orang "Gak Jelas Penampilannya"), tapi justru itu yang membuat group ini unik. 7ICONS terdiri dari 7 orang yang berbeda karakter tetapi sama kedudukannya dalam group, mereka bertujuh adalah 7ICONS, jika satu saja diganti personilnya maka mereka bukanlah 7ICONS lagi. Lain dengan Cherrybelle, dengan jumlah personil yang sembilan orang, yang lebih menonjol terlihat sekali ada beberapa personil, sedang yang lainnya 'seakan-akan' hanya sebagai pelengkap saja. Jika kita menilai secara objektif, ya itulah apa adanya.

Ini dipertegas pada saat adanya penggantian dua personil Cherrybelle, management Chibi dengan gamblang menyatakan dua personil ini diganti karena sudah 'ketuaan', dan Cherrybelle adalah BRAND  NAME. Jadi bisa saja dalam 5 atau 6 tahun (Jika masih ada), Cherrybelle tetap ada dengan sembilan personil yang baru semua :)

Pada akhirnya waktu yang akan menentukan apakah 7ICONS bisa tetap eksis dan berkarya di Indonesia. We will never know, tapi dengan melihat perkembangan mereka setiap hari dan apa yang sudah mereka lakukan, 7ICONS punya harapan; besar; untuk bisa terus sebagai 7ICONS dan menghibur Iconia atau siapapun.

- end -

2 comments:

  1. Warna warni ya mereka?!
    :)
    Apakah mereka akan tetap eksis di Indonesia?
    Aamiin,,,
    Hopefully
    But we will never know,
    & 1hal yg aq tau, Mereka akan tetap eksis di hati,fikiran&hidup kita ;)
    #NB
    "mereka" bisa diganti dengan "dia" & "kita bisa diganti dengan "kamu saja"
    LOL :D

    ReplyDelete