Friday, April 12, 2013

After 70+ Episodes

Sinetron 7 kita sudah melewati episode 70, dan sepertinya produser dan penulis berhasil untuk sementara waktu untuk menghilangkan kejenuhan dari plot ceritanya, dengan menambah cast cast baru dan plot plot baru. Good job for them.

In my humble opinion, jangan sampai C7S sampai seperti Cinta Fitri (1002 episodes), Putri Yang Ditukar (676 episodes) atau Islam KTP (558 episodes), 125 episodes maksimum lah, itu pun sudah cukup banyak. Lebih baik jika mau tetap ada sinetron, C7s diakhiri dulu dan memulai sinetron yang total baru dengan cerita yang lebih segar. Istilahnya end it with a high note; sinetron yang disevut di atas akhirnya dipaksa untuk berakhir karena rating sudah turun, pemasang iklan juga sudah turun drastis, sedangkan biaya produksi meningkat (gaji pemain yang meningkat karena popularitas dan gaji crew). Jadi seandainya C7S berakhir di saat rating masih tinggi dengan akhir cerita yang memuaskan, percaya deh audiens akan menunggu sinetron berikutnya walau bukan tentang cerita mereka di rusun.

Mungkin sehabis C7S ada baiknya 7 main FTV/TVM atau layar lebar plus menyanyi dan godok album kedua. People do upgrades, then after all of that can do another Sinetron. Sinetron pun mungkin seperti drama yang tayang satu minggu sekali seperti Go Go Girls dulu, dengan tayang satu minggu sekali audiens bisa lebih 'kangen' dan penasaran, penulis dapat lebih konsen menulis skrip yang berbobot, production crew dapat lebih maksimal bekerja dan tentunya pemain dapat lebih waktu untuk mendalami skrip dan lebih waktu untuk break. Intinya kualitas daripada kuantitas.

Hanya di Indonesia, Mexico dan Taiwan yang sinetron/telenovela/dramanya kejar tayang sampai ratusan episodes; kalau kita cari informasi dari internet, drama Jepang rata-rata 10-12 episodes, drama Korea rata-rata 30-40 episodes, drama Hong Kong 24-40 episodes, serial TV Amerika Serikat/Canada/Eropa rata-rata 24 episodes; tapi ini semua karena marketnya, di negeri kita tercinta ini terobsesi dengan yang panjang-panjang; sinetron panjang, pengusutan kasus yang panjang, alur birokrasi yang panjang, sampai ke antri sembako yang panjang.

Anyway anyhow semoga dunia hiburan kita terutama sinetronnya menjadi lebih baik dan berkualitas. Amin.

Just my 2cents

2 comments:

  1. Nice comment mas.. Pengennya sih, lebih dari 125 episode hehehe, karena itu artinya C7S tetap berproduksi. Pemain, penulis, sutradara, all crew... Mudah-mudahan, melewati episode 70 ceritanya tetap disuka, karena memenuhi kemauan sekian juta pemirsa yang seleranya sulit ditebak, nggak mudah. Salam kenal, mas..

    ReplyDelete