Monday, April 1, 2013

Life in Japan Edition 2013.04.01 : Cross-Food

Hello all,

Ketika hidup di negeri orang pasti kita akan kangen dengan yang namanya makanan kita sendiri ya, seperti nasi rendang, soto, opor dan sebagainya. Kalau nasi, Japan juga sebagai negara pemakan nasi maka untuk beradaptasi di sini tidak sulit, sebab nasi ya praktis dihidangkan dimana-mana, jika kalian sering makan Japanese Food ya pasti ada nasinya no matter what.

Di sini banyak makanan yang unik-unik, ketika dua budaya bertemu (East and West), akan ada pencampuran dimanapun, termasuk di makanan. Dengan itu dapat terciptanya makanan hybrid baru anatara dua budaya yang sangat baru dan biasanya sangat enak untuk dimakan :) Di Jepang banyak jenis makanan seperti  ini; banayak kita taunya ini adalah makanan Jepang contohnya ya: Cutlet Curry Rice (India-Japan),  California Roll Sushi (Amrik-Japan), Doria Rice (French-Japan), Wafuu pasta (Italy-Japan) dan masih banyak lagi. Pada umumnya jenis makan ini disebut Fusion Food.

Ada yang lebih unik lagi, justru di Fast Foodnya, memang Fast Food chain yang mendunia seperti KFC, McDonalds dan sebagainya akanberusaha untuk menciptakan sesuatu yang sesuai dengan lidah masyarakat lokal, seperti di Indonesia saja di KFC ada nasi, di negeri asalnya sana KFC tidak menjual nasi sama sekali, McDonalds juga; malahan McDonalds tidak menjual ayam goreng dan nasi seperti di Indonesia sini. Nah di Jepang ada namanya Teriyaki McBurgers di McDonalds, isinya yaitu teriyaki chicken yang menggantikan daging pattynya, Colonel's Chicken Rice di KFC, bentuknya aneh, seperti burger tapi rotinya diganti kaya chicken nuggets dan isinya burger nasi :D, aneh tapi ternyata enak deh :) :) Seperti di tulisanku yang sebelumnya, Jepang itu sangat menghargai moment-moment tradisi siapapun, pada Valentine's Day kemarin, Pizza Hut Japan menghadirkan Love Pizza, cute though.




Sungguh sangat beruntung jika kita mendapatkan kesempatan untuk melihat dunia luar, dunia itu sangat luas, banyak yang bisa dilihat dan dipelajari. Dunia kita tidak sebatas tetangga kiri-kanan, dan juga bukan hanya seIndonesia. Study hard guys, semoga kesempatan itu datang :)

No comments:

Post a Comment